Wednesday 21 August 2013

Earl Sweatshirt: Doris


Para fans OFWGKTA sempat menyerukan "Free Earl" di setiap gig yang diadakan grup collective rap itu sendiri, bahkan di dunia maya dijadikan topik hashtag yang sempat trending, dikarenakan dia hilang selama 2-3 tahun setelah album LP pertama berjudul "EARL" nya itu hits, sampai dia berhasil ditemukan di sebuah sekolah untuk anak-anak bermasalah di New Zealand, berkat usaha orang-orang dari majalah "Complex", akhirnya rapper yang bernama asli "Thebe Kgositsile" ini kembali ke peredaran dunia musik indie rap dan pada tanggal 20 Agustus 2013, Earl telah meluncurkan album LP keduanya yang berjudul "Doris".
Artwork dari album "Doris".


  Di dalam album baru ini, Earl berkolaborasi dengan banyak musisi dan rapper seperti RZA (Wu Tang Clan), Pharrell Williams (N.E.R.D. / The Neptunes), Sk LA Flare, Vince Staples, Casey Veggies, Badbadnotgood, Mac Miller, dan kawan-kawan seperjuangan dari Odd Future itu sendiri seperti Tyler The Creator, Frank Ocean, dan Domo Genesis.
Earl sendiri pernah menyatakan bahwa dia siap kehilangan fans-fans nya yang lebih condong ke album lama nya yang konten nya berisikan tentang 666, salib terbalik, memperkosa wanita, dll. Dan dia juga mengantisipasi dalam mendapatkan fans-fans baru karena di album Doris ini akan berisi dengan materi-materi baru yang lebih matang, serius, tapi tetap menyimpan suasana "dark" nya.
Pada dasarnya, album ini berlandaskan dari hal-hal yang baru dialami nya sebagai seorang remaja. Contoh nya di dalam lagu "Burgundy" yang di produksi oleh Neptunes lebih terdengar jazzy, membicarakan tentang kepergian almarhum nenek nya, dan perasaan Thebe ketika kemampuan rap nya dibandingkan dengan rapper-rapper hebat lain nya. Atau dalam lagu "Chum" dengan kick dan snare nya yang redam, ia membicarakan tentang ayah nya yang meninggalkan keluarga nya ketika ia berumur 15 tahun dan hal-hal yang dilalui nya tanpa seorang ayah.
Album ini terdengar sangat emosional namun dikemas dalam wordplay dan rima-rima yang sangat heavy dan complicated. Dengan Doris, Thebe siap menghantam fans-fans baru dalam 44 menit.

No comments:

Post a Comment